Pengaruh Persepsi tentang Iklim Kelas, Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA MA Negeri di Kabupaten Bulukumba

MUSLIMAT., RA’AINAH (2017) Pengaruh Persepsi tentang Iklim Kelas, Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA MA Negeri di Kabupaten Bulukumba. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS (1-87).docx

Download (82kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh positif persepsi tentang iklim kelas terhadap hasil belajar matematika, kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika, kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika, persepsi tentang iklim kelas, kemampuan berpikir logis dan kecerdasan emosional (Secara bersama-sama) terhadap hasil belajar matematika, interaksi persepsi tentang iklim kelas dengan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar matematika, interaksi persepsi tentang iklim kelas dengan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar matematika dan interaksi kemampuan berpikir logis dengan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Penentuan ukuran sampel dengan menggunakan sampel total atau sampel jenuh sebanyak 138 siswa kelas XI MIA pada 2(Dua) MA Negeri yang ada di Kabupaten Bulukumba, yaitu MA Negeri 1 Bulukumba dan MA Negeri 2 Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIA MA Negeri se Kabupaten Bulukumba memiliki persepsi yang “baik”, kecerdasan emosionalnya “tinggi”, kemampuan berpikir logisnya “tinggi” dan hasil belajar matematikanya berada pada kategori “sangat tinggi”. Berdasarkan nilai koefisien korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara variabel independen dengan dependen. Hasil ANOVA menunjukkan bahwa p value < 0,05 yang artinya, model layak digunakan. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang iklim kelas terhadap hasil belajar matematika; 2) ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika; 3) ada pengaruh yang signifikan dan positif antara kemampuan berpikir logis siswa terhadap hasil belajar matematika siswa; 4) persepsi siswa tentang iklim kelas, kecerdasan emosional, dan kemampuan berpikir logis secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap hasil belajar matematika; 5) tidak ada interaksi antara persepsi siswa tentang iklim kelas dan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar matematika; 6) tidak ada interaksi antara persepsi siswa tentang iklim kelas dengan kemampuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar matematika; dan 7) tidak ada interaksi antara kemampuan berpikir logis dengan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:05
Last Modified: 06 Apr 2018 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6968

Actions (login required)

View Item View Item