Penerapan Analisis Jalur dalam Mengetahui Pengaruh Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi S1 Statistika FMIPA-UNM

Iqbal, Muhammad (2017) Penerapan Analisis Jalur dalam Mengetahui Pengaruh Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi S1 Statistika FMIPA-UNM. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
2 BAB I, II, III.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Analisis jalur (Path Analysis) merupakan suatu metode yang mengkaji pengaruh (efek) langsung maupun tidak langsung dari peubah-peubah yang dihipotesiskan sebagai akibat pengaruh perlakuan terhadap peubah tersebut. Teknik ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan regresi linier. Dengan model ini peneliti dapat memperoleh hasil analisis yang lebih akurat, dan detail, serta menemukan pengaruh tidak langsung dalam hubungan antar peubah melalui peubah perantara. Pada penelitian ini, diangkat kasus dalam bidang pendidikan mengenai besarnya pengaruh pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa program studi S1 Statistika FMIPA-UNM dengan melihat dari faktor dosen, sarana prasarana, proses belajar mengajar dan proses administrasi akademik. Penelitian ini memberikan hasil bahwa terdapat pengaruh langsung antar peubah dosen terhadap proses belajar mengajar, proses administrasi akademik dan kepuasan mahasiswa sebesar 0,521, 0,274, dan 0,184, sementara peubah sarana dan prasarana hanya memberikan pengaruh langsung terhadap proses belajar mengajar dan proses administrasi akademik sebesar 0,368 dan 0,459. Peubah dosen dan sarana prasarana secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 0,268 dan 0,351. Peubah dosen, sarana prasarana, proses belajar mengajar, dan proses administrasi akademik memberikan kontribusi secara bersama-sama sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > STATISTIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:01
Last Modified: 06 Apr 2018 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6966

Actions (login required)

View Item View Item