Profil Pemahaman Konsep Matematis dalam Representasi Simbol Visual-Verbal Siswa Kelas IX SMP Negeri 16 Makassar

MUNAJAH, ADAM (2017) Profil Pemahaman Konsep Matematis dalam Representasi Simbol Visual-Verbal Siswa Kelas IX SMP Negeri 16 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (128kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep matematis dengan representasi simbol visual siswa, (2) untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep matematis dengan representasi simbol verbal siswa, (3) untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep matematis dengan representasi simbol visual-verbal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 dengan skor tertinggi pada tes pemahaman konsep materi bangun ruang sisi lengkung. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, instrumen tes pemahaman konsep (TPK) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek I AK dan subjek II IM dari analisis tes TPK berdasar pada indikator pemahaman konsep; a) Menyatakan ulang konsep, subjek AK benar dan mampu dalam menjawab soal dalam kedua representasi begitu pula dengan subjek IM; b) Mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, subjek AK dan IM mampu menjawab soal dalam kedua representasi simbol, namun subjek AK dalam soal nomor 4 lemah dalam merepresentasikan objek ke dalam bentuk visual; c) Memberi contoh dan non contoh dari konsep, subjek AK kurang tepat dalam menjawab soal dalam representasi visual, sedangkan untuk soal dalam reprentasi verbal subjek AK mampu menjawab dengan benar, subjek IM mampu dan benar menjawab soal dalam kedua representasi; d) Menyatakan konsep dalam bentuk representasi matematis, subjek AK dan subjek IM mampu dan benar dalam menjawab soal dalam kedua representasi, namun untuk subjek AK dalam sesi wawancara mengisyaratkan bahwa untuk soal nomor 8 atau soal yang direpresentasikan dengan simbol visual lebih sulit dibanding soal nomor 7 tanpa gambar, berbeda dengan subjek IM yang beranggapan bahwa kedua soal dalam kedua representasi simbol sama saja; e) Mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah, subjek AK dan subjek IM cukup paham dan mengerti arah dari soal, akan tetapi kedua subjek gagal memahami konsep dasar dalam menyelesaikan masalah sehingga terdapat kekeliriun yang fundamnetal sehingga berimbas pada seluruh proses dan hasil akhir. (2) Subjek I AK memiliki kecendrungan menjawab soal dalam representasi simbol verbal ditunjukkan dengan menjawab benar dan baik soal-soal yang disajikan dalam representasi verbal (soal nomor 1, 4, 5, dan 7), sedangkan untuk soal dalam representasi visual (2, 3, 6) subjek AK lemah dan kurang maksimal. Subjek II IM dari analisis tes TPK berdasar pada indikator pemahaman konsep subjek IM memiliki kecendrungan menjawab soal dalam semua bentuk represntasi simbol yaitu simbol visual dan simbol verbal dengan baik dan benar. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Simbol Visual-Verbal.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 02:00
Last Modified: 06 Apr 2018 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6965

Actions (login required)

View Item View Item