Studi Tentang Pelaksanaan Pengajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Libureng Kabupaten Bone. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Rakhmiyanti., Rakhmiyanti. (2013) Studi Tentang Pelaksanaan Pengajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Libureng Kabupaten Bone. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Rahmiyanti.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Rakhmiyanti. 2013. Studi Tentang Pelaksanaan Pengajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Libureng Kabupaten Bone. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Libureng kabupaten bone. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pengajaran mata pelajaran IPS. Fokus penelitian ini di tujukan kepada kepala sekolah, guru bidang studi IPS, dan siswa di SMP Negeri 2 Libureng. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara langsung, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengajaran mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Libureng Kabupaten Bone telah berjalan dengan baik, hanya saja ada beberapa faktor penghambat diantaranya sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, sehingga siswa terkadang tidak memahami materi yang diberikan karena tidak di dukung oleh sarana dan prasarana yang sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru IPS. Materi yang diajarkan masih terpisah-pisah, misalnya pada saat mengajar jika pokok bahasan geografi guru IPS tersebut hanya membahas geografi saja tanpa mengaitkan dengan bidang studi lainnya seperti sejarah, ekonomi, sosiologi. Adapun faktor pendukung yaitu diantaranya materi yang diajarkan menggunakan beberapa media yang sesuai dengan pokok bahasan materi sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. . Kata Kunci : Pengajaran, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item