Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Keterampilan Bertanya dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI MIPA SMANegeri 3 Majene (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga).

SUBURIAH., SUBURIAH. (2016) Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Keterampilan Bertanya dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI MIPA SMANegeri 3 Majene (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SUBURIAH.docx

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan bertanya dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Majene pada materi pokok Larutan Penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Majene tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas, masing-masing terdiri dari 20 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu kelas XI MIPA1 dan XI MIPA2. Desain penelitian yang digunakan adalah desain non equiaqlent pos-ttest only control design. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan bertanya dan tes kemampuan pemahaman konsep.Tehnik pengumpulan data melalui pemberian tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan program SPSS 20 pada taraf signifikansi α = 0,05. Nilai rata-rata keterampilan bertanya peserta didik pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inquiry, masing-masing 20,60 dengan kategori rendah dan 22,90 dengan kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai signifikansi 0,031 < α = 0,05. Artinya, ada pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan bertanya peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Majene yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran inquiry. Nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inquiry, masing-masing 79,46 dan 73,96. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,007 < α = 0,05. Artinya, ada pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep antara peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Majene yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran model pembelajaran inquiry.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:38
Last Modified: 06 Apr 2018 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6955

Actions (login required)

View Item View Item