.Kemampuan Membuat Karya Tiga Dimensi dengan Bahan Plastisin Peserta Kegiatan Kelas Ekstrakurikuler Murid Sekolah Alam Insan Kamil Gowa.

HAERIL, S. Pd, FACHMI KHADAM (2016) .Kemampuan Membuat Karya Tiga Dimensi dengan Bahan Plastisin Peserta Kegiatan Kelas Ekstrakurikuler Murid Sekolah Alam Insan Kamil Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (677kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan memperoleh data dan informasi tentang: (1) Bagaimana proses pembuatan karya tiga dimensi dengan bahan plastisin pada peserta kegiatan ekstrakurikuler murid Sekolah Alam Insan Kamil Gowa. (2) Bagaimana kemampuan membentuk karya tiga dimensi dengan bahan plastisin pada peserta kegiatan ekstarkurikuler murid Sekolah Alam Insan Kamil Gowa. (3) Apakah faktor pendukung dan penghambatdapat mempengaruhi tingkat kemampuan dalam Pembuatan karya tiga dimensi dengan bahan plastisin peserta kegiatan ekstrakurikuler murid Sekolah Alam Insan Kamil. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan tes praktek. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Proses pembuatan karya tiga dimensi dengan bahan plastisin adalah pertama proses melunakkan plastsin dengan cara digenggam kemudian ditekan-tekan hingga menjadi lunak. Ada tiga teknik dalam membuat karya tiga dimensi dengan bahan plastisin yaitu teknik pijat, teknik pilin dan teknik sisik. (2) Kemampuan murid membuat karya tiga dimensi dengan Hasil penilaian yang dilakukan pada 20 orang murid, yang dibagi dalam 4 kelompok. Menunjukkan hasil rata-rata 7 orang murid (35%) mendapatkan predikat nilai baik dan 13 orang murid (65%) mendapatkan predikat nilai cukup. Menggunakan tiga aspek penilaian yaitu: Kemampuan membentuk, kerapian membentuk, kemampuan membentuk dengan komposisi yang proporsional dan menarik. (3) Faktor pendukung dalam kegiatan ektrakurikuler membuat karya tiga dimensi dengan bahan plastisin ialah, jam kelas ekstrakurikuler pada pukul 9.30 sampai 11.30. Pada jam ini murid masih memiliki semangat yang tinggi dalam kelas ekstrakurikuler. Tempat atau ruangan yang digunakan untuk kelas ekstrakurikuler sangat memadai untuk 20 sampai 50 orang. Keingintahuan serta minat murid yang amat besar terhadap membuat karya tiga dimensi dengan bahan plastisin menjadikan mereka senantiasa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan ektrakurikuler membuat karya tiga dimensi dengan bahan plastisin ialah umur atau usia beberapa murid yang belum mampu membuat karya tiga dimensi secara baik. Selain itu penggunaan plastisin hanya mampu menghasilkan karya dalam ukuran kecil, tidak dalam bentuk karya yang besar. Karena plastisin dalam jumlah banyak sangat sulit untuk dilakukan oleh murid. Hambatan lainnya ialah pendamping ekstrakurikuler yang belum mengizinkan murid menentukan objek senidri dalam proses berkarya tiga dimensi. Sehingga murid cenderung kurang berkreativitas dalam menghasilkan karya tiga dimensi dengan bahan plastisin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:27
Last Modified: 06 Apr 2018 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6953

Actions (login required)

View Item View Item