Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar

Riaddin, Dinar (2017) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL DINAR RIADDIN.docx

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan multimedia interaktif model ADDIE yang mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis teori Van Hiele pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII MTsN Model Makassar yang valid, praktis, dan efektif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini terdiri atas; angket evaluasi ahli media dan angket evaluasi ahli materi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, angket respon guru, dan soal tes hasil belajar. Multimedia interaktif yang dikembangkan dinilai valid oleh ahli media dan ahli materi serta diuji coba pada siswa MTsN Model Makassar yang dilaksanakan sebanyak 5 kali tatap muka. Berdasarkan penilaian observer dengan instrumen keterlaksanaan pembelajaran diperoleh bahwa keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori “baik”, sehingga multimedia interaktif memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil analisis aktivitas siswa berada pada kategori “aktif”, hasil analisis respon siswa dan hasil analisis respon guru masing-masing berada pada kategori “positif”, dan hasil belajar klasikal tuntas, maka multimedia interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 00:59
Last Modified: 06 Apr 2018 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6949

Actions (login required)

View Item View Item