Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kreativitas Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang

Mardiana, Mardiana (2017) Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kreativitas Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (40kB)

ABSTRAK Efikasi diri dapat diartikan sebagai keyakinan seseorang untuk melakukan suatu hal yang baik dan berhasil. Efikasi diri berpengaruh pada proses kognitif seseorang yang dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya dan dapat menghasilkan karya-karya kreatif. Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan suatu hal yang baru yang berbeda dari sebelumnya, baik berupa gagasan atau karya nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (i) mengetahui efikasi diri siswa; (ii) mengetahui kreativitas belajar siswa; (iii) mengetahui hasil belajar siswa; (iv) mengetahui dan menganalisis hubungan efikasi diri dengan hasil belajar; (v) mengetahui dan menganalisis hubungan kreativitas dengan hasil belajar IPA; (vi) mengetahui dan menganalisis hubungan efikasi diri dan kreativitas belajar dengan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, dengan populasi siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang, tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 sekolah. Pengambilan sampel secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket efikasi diri dan kreativitas belajar. Data dianalisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan efikasi diri dan kreativitas dengan hasil belajar IPA. Analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) efikasi diri siswa berada pada kategori sedang, yakni 45,2%; (ii) kreativitas belajar berada pada kategori sedang, yakni 44,0%; (iii) hasil belajar berada pada kategori cukup, yakni 37,3%; (iv) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan hasil belajar IPA yang berada pada koefisien korelasi sebesar 0,841dengan kategori hubungan yang sangat kuat; (v) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar IPA yang berada pada koefisien korelasi sebesar 0,883 dengan kategori hubungan yang sangat kuat; (vi) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan kreativitas belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang. Hubungan antara efikasi diri dan kreativitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA berada pada koefisien korelasi sebesar 0,891 dengan kategori hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 00:36
Last Modified: 06 Apr 2018 00:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6945

Actions (login required)

View Item View Item