Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 18 Makassar.

UMAR., ERNIATI (2016) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 18 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Tesis.docx

Download (736kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) seberapa besar keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah, 2) seberapa besar keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, 3) apakah ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, 4) apakah ada perbedaan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional pada kelas X SMA Negeri 18 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang melibatkan dua kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X pada SMA Negeri 18 Makassar pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Random Sampling, sampel penelitian ini adalah X8 sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebanyak 29 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sedang dan keterampilan pemecahan masalah yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat rendah, 2) keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah dan sangat rendah sedangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat rendah 3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional, 4) terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Apr 2018 00:25
Last Modified: 06 Apr 2018 00:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6944

Actions (login required)

View Item View Item