Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 34 Makassar.

Reski, Cahyani (2014) Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 34 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Reski Cahyani.doc

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Reski Cahyani, 2014. Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 34 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh H. Bernard dan Nasrullah). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.1 SMP Negeri 34 Makassar melalui model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 34 Makassar semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 25 orang. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar siswa yang masih berada di bawah rata-rata 65 dengan Kriteria Ketuntasan Minimum adalah 68 dan pada saat proses belajar mengajar berlangsung siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran matematika, minat belajar siswa masih rendah, siswa masih takut untuk bertanya kepada guru. Perlakuan praktis yang dilakukan peneliti selama proses pembelajaran adalah menimbulkan perhatian siswa (attention), menunjukkan hubungan antara materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari (relevance), menimbulkan kepercayaan diri (confidence) dan kepuasan siswa (satisfaction). Penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data tentang hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata untuk siklus I untuk ranah kognitif ialah 72,88, ranah afektif berada pada kategori baik, dan untuk ranak psikomotor berada pada kategori cukup dan kategori baik. Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh untuk ranah kognitif ialah 92,88 untuk ranah afektif berada pada kategori baik, dan untuk ranah psikomotor berada pada kategori sangat baik. Selain itu diperoleh data menurut lembar observasi tentang keaktifan siswa pada saat pembelajaran di mana pada siklus I keaktifan siswa yang memberi perhatian terutama saat guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan materi, berdiskusi dengan teman kelompok dan menyelesaikan soal, mempresentasikan hasil kerja kelompok serta keaktifan bertanya tentang materi yang belum dimengerti masih sangat kurang dan pada siklus II diperoleh data keaktifan siswa dalam memberi perhatian, berdiskusi dengan teman kelompok dan menyelesaikan soal, mempresentasikan hasil kerja kelompoknya serta keaktifan bertanya tentang materi yang dimengerti sudah lebih baik dari siklus I. Dengan memperhatikan peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II dengan menerapkan model pembelaharan ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) maka model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.1 SMP Negeri 34 Makassar. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item