Pengaruh Kreativitas dan Inovasi sebagai Determinasi Perilaku Wirausaha terhadap Keberlangsungan Usaha Jasa Makanan dan Minuman di Kota MakassaR

CHAHYONO, CHAHYONO (2017) Pengaruh Kreativitas dan Inovasi sebagai Determinasi Perilaku Wirausaha terhadap Keberlangsungan Usaha Jasa Makanan dan Minuman di Kota MakassaR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Chahyono Jurnal.docx

Download (33kB)

Abstract

Tujuan penelitian mendapatkan hasil kajian tentang;(i) Pengaruh secara langsung kreativitas dan inovasi terhadap perilaku wirausaha, (ii) Pengaruh secara langsung kreativitas terhadap perilaku wirausaha, (iii) Pengaruh secara langsung inovasi terhadap perilaku, (iv)Pengaruh secara tidak langsung kreativitas dan inovasi terhadap keberlangsungan usaha melalui perilaku wirausaha, (v)Pengaruh secara tidak langsung kreativitas terhadap keberlangsungan usaha melalui perilaku wirausaha, (vi)Pengaruh secara tidak langsung inovasi terhadap keberlangsungan usaha melalui perilaku wirausaha, dan (vii)Pengaruh secara langsung perilaku wirausaha terhadap keberlangsungan usaha. Metode penelitian menggunakan pendekatan survei dengan jenis penelitian eksplanatori. Jumlah populasi 341 pemilik rumah makan di kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random samplingsebanyak 184 unit usaha. Analisis dilakukan dengan Stuctural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian;(i) Kreativitas dan inovasiberpengaruh langsung dan signifikan terhadap perilaku wirausaha pada usaha jasa makanan dan minuman. Variabel kreativitas merupakan kontributor utama dalam menciptakan perilaku wirausaha, (ii) Kreativitas memiliki pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap perilaku wirausaha usaha jasa makanan dan minuman, (iii) Inovasi memiliki pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap perilaku wirausaha usaha jasa makanan dan minuman, (iv)Kreativitas dan inovasi memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap keberlangsungan usaha melalui perilaku wirausaha pada usaha jasa makanan dan minuman. Variabel inovasi memiliki pengaruh terbesar dalam menciptakan keberlangsungan usaha, (v) Kreativitas memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap keberlangsungan usaha melalui perilaku wirausaha jasa makanan dan minuman, (vi) Inovasi memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kerberlangsungan usaha melalui perilaku wirausaha jasa makanan dan minuman, dan (vii) Perilaku wirausaha memiliki pengaruh langsung positif terhadap keberlangsungan usaha pada usaha jasa makanan dan minuman. Kata kunci : kreativitas, inovasi, perilaku wirausaha, keberlangsungan usaha, usaha jasa makanan dan minuman

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN EKONOMI - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:43
Last Modified: 05 Apr 2018 08:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6937

Actions (login required)

View Item View Item