Evaluasi Program PelatihanSekolah Model BagiPengawas di KabupatenBanggaiKepulauan

ASNUN, ASNUN (2017) Evaluasi Program PelatihanSekolah Model BagiPengawas di KabupatenBanggaiKepulauan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program sekolah model di Kabupaten BanggaiKepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model 4 level Kirkpatrick ( Reaction, Learning, Behavior,Result). Penelitianinidianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptif.Keempat level ini merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga terlaksananya keempat level tersebut akan menghasilkan kesimpulan terhadap program yang di evaluasi. Sumber data pada penelitian evaluasi ini adalah pesertapelatihan (pengawas) Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program sekolah model di Kabupaten BanggaiKepulauan adalah sebagai berikut. (1) Tingkat reaksi (reaction)responpeasertaterhadapmateripelatihanberada pada kategori baiksekali, instrukturataufasilitatorberadapadakategoribaiksekali, media pembelajaran yang digunakanberadapadakategoribaik, dan metode pembelajaran berada pada kategori baiksekali. (2) Tingkat pembelajaran (learning) pemahamanpesertaterhadapEvaluasiDiriSekolah(EDS) dan perencanaan program peningkatanmutusekolah berada pada kategori baik, sedangkan pelaksanaan program peningkatanmutudan monitoring/evaluasi berada pada kategori cukup. (3) Tingkat perilaku (behavior)kinerjapesertaterhadapperubahansikapdanperubahanketerampilan berada pada kategori baiksekali, Sedangkan pada perubahankinerja berada pada kategori baik. (4) Tingkat hasil (result)perbaikankualitaskerjadanpeningkatankompetensi berada pada kategori baiksekali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:36
Last Modified: 05 Apr 2018 08:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item View Item