Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Produktif di SMK Negeri 3 Makassar

IKAWATI, ANDI (2018) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Produktif di SMK Negeri 3 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Andi Ikawati.docx

Download (50kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemanfaatan dan penghapusan sarana dan prasarana pembelajaran produktif di SMK Negeri 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua program studi, kepala bengkel dan kepala sub bagian tata usaha yang pemilihannya ditentukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji credibility (derajat kepercayaan) dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran produktif yang dilakukan di SMK Negeri 3 Makassar sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari: (1) perencanaan sarana dan prasarana pembelajaran produktif yang dilakukan di SMK Negeri 3 Makassar adalah dengan melalui kegiatan analisis kebutuhan, penentuan skala prioritas, penganggaran, penyusunan proposal, (2) pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran produktif di SMK Negeri 3 Makassar dilakukan dengan mencairkan anggaran terlebih dahulu sesuai dengan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS), kemudian melakukan pengadaan dengan cara membeli peralatan langsung ke toko ataupun ke pabrik dengan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Selain itu, bantuan pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran produktif juga bersumber dari pemerintah daerah, (3) prosedur inventarisasi sarana dan prasarana pembelajaran produktif di SMK Negeri 3 Makassar dilakukan dengan pencatatan, pemberian kode, serta pelaporan secara triwulan dan tahunan, (4) sarana dan prasarana pembelajaran produktif di SMK Negeri 3 Makassar digunakan sesuai dengan jadwal mata pelajaran produktif dan untuk mencapai pembelajaran produktif yang efektif dan efisien, maka dalam pengoperasian peralatan menggunakan pedoman yang berupa buku panduan serta mengikuti instruksi dari guru produktif, (5) penghapusan sarana dan prasarana pembelajaran produktif di SMK Negeri 3 Makassar dilakukan terhadap sarana dan prasarana pembelajaran produktif yang sudah tidak layak pakai/rusak dengan cara dibakar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:31
Last Modified: 05 Apr 2018 08:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item View Item