“Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Langsung terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Unggulan Maros”.

Herawati,, Herawati, (2017) “Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Langsung terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Unggulan Maros”. S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. Isi Tesis.docx

Download (9MB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi sebelum mendapat perlakuan metode Langsung, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi sesudah mendapat perlakuan metode Langsung , dan membuktikan keefektifan penggunaan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Unggulan Maros, populasi penelitian ini berjumlah 330 siswa. Adapun sampel penelitian ini yaitu kelas VIII-J yang berjumlah 30 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling acak. Instrument yang digunakan adalah tes dalam bentuk menulis teks eksposisi. Tes tersebut digunakan pada tes awal (pretes) dan tes akhir (postes). Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif yang mendeskripsikan hasil keterampilan Menulis sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan analisis statistik inferensial mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran langsung . Dari uraian hasil analisis data statistik deskriptif nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada pretes 91 dan nilai terendah diperoleh 50 dengan nilai rata-rata 70,42. Sedangkan pada postes nilai tertinggi yang dipreroleh siswa 97 dan nilai terendah 55 dengan nilai rata-rata 80,80. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung > t tabel dengan nilai 8,615 > 1,703 maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung efektif terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Unggulan Maros. Berdasarkan hal tersebut. dikemukakan saran sehubungan dengan hasil penelitian ini. Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya Kelas VIII.J SMP Negeri 2 Unggulan Maros Kabupaten Maros berusaha memperkaya teknik pembelajaran keterampilan menulis dan selalu memberikan pelatihan kepada siswa dalam menulis dan bagi siswa hendaknya membiasakan diri menulis guna mempermudah siswa menuangkan gagasannya secara tulisan.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:23
Last Modified: 05 Apr 2018 08:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item View Item