Pengaruh Efikasi Diri, Aktualisasi Diri, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP se Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng.

Irsan,, Muhammad (2016) Pengaruh Efikasi Diri, Aktualisasi Diri, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP se Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
7 Artikel Muhammad Irsan.docx

Download (176kB)

ABSTRAK Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh dari efikasi diri, aktualisasi diri, perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IX SMP di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 131 peserta didik yang dipilih dari peserta didik Kelas IX SMP dengan menggunakan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) Skala efikasi diri, (2) skala aktualisasi diri, (3) skala perhatian orang tua, (4) skala motivasi belajar (5) tes hasil belajar matematika kelas IX. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan metode SEM (Structural Ecuation Modeling). Hasil Penelitian menunjukkan gambaran bahwa: (1) Efikasi diri peserta didik Kelas IX SMP di Kecamatan Tompobulu Kabuaten Bantaeng tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika (2) Aktualisasi diri peserta didik tidak berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika (3) Perhatian orang tua peserta didik berpengaruh negatif secara langsung terhadap hasil belajar matematika, (4) Motivasi belajar berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil Belajar Matematika (5) Efikasi diri peserta didik berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajaran matematika melalui motivasi belajar, (6) Aktualisasi diri peserta didik berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajaran matematika melalui motivasi belajar, (7) Perhatian orang tua peserta didik berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajaran matematika melalui motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:15
Last Modified: 05 Apr 2018 08:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item View Item