Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone

Zulistiani, Ikha (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (79kB)

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone, (2) peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone, (3) peserta didik dengan motivasi belajar rendah, menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone, dan (4) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan empat kelas yaitu dua kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan dua kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 12 Makassar, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 147 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan empat kelas penelitian yang terdiri atas 117 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, (2) untuk peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, (3) untuk peserta didik dengan motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:05
Last Modified: 05 Apr 2018 08:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6924

Actions (login required)

View Item View Item