ERNI HANDAYANI, ERNI HANDAYANI (2016) Pengembangan Instrumen Tes Kinerja Keterampilan Proses Sains Fisika Untuk Kelas X SMA Negeri 17 Bulukumba. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
JURNAL ERNI HANDAYANI.docx Download (58kB) |
Abstract
Telahdilakukanpenelitian&pengembangan yang bertujuanuntukmelihatprofil tes kinerja keterampilan proses sains yang valid, mengetahui penilaian guru dan pesereta didik tehadap tes kinerja keterampilan proses sains yang telah dikembangkan. instrument tes kinerja keterampilan proses sains yang dikembangkandivalidasioleh duaahli/pakar. Subjekujicobadalampenelitianiniterdiridaripraktisi yang merupakan guru fisika sebanyak 3 Orang danobjekyaitupesertadidik kelas X. SMA Negeri 4Bulukumba denganjumlah 28 Orang,SMAN 7 Bulukumba 21 Orang, SMAN 17 Bulukumba 56 Orang dan SMAN 12 Bulukumba 33 orang. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanakahprofil tes kinerja keterampilan proses sains valid danreliabel. Prosedurpengembangannyamenggunakan model four-D (4-D) yang terdiridaritahappendefinisian, perancangan, danpengembangan. Tahappendefinisian mencakup (1)analisis awal,(2) analisispersertadidik, (3)analisis konsep, (4)analisis tugas, dan(5)spesifikasitujuan. Tahapperancangan mencakup (1)pemilihan media, (2)pemilihan format, dan(3) rancanganawal. Padatahappengembangan, dilakukanrevisisehinggadidapatkanhasil yang layakuntukdilakukanujicoba. Berdasarkanpenelitianpengembangan yang telahdilakukan, diperoleh Instrumen tes kinerja keterampilan proses sains observasi peserta didik dan Instrumen tes kinerja keterampilan proses sains proyek peserta didik yang valid dan reliabel. Kata Kunci: Instrumen tes kinerja, Keterampilan proses sains
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 07:45 |
Last Modified: | 05 Apr 2018 07:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6914 |
Actions (login required)
View Item |