Pengembangan Media Kartu Berhitung Domino Matematika (Domat) Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Campuran Pada Murid Kelas II SD Negeri 41 Samaenre Kabupaten Sinjai

HARIANA., HARIANA. (2016) Pengembangan Media Kartu Berhitung Domino Matematika (Domat) Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Campuran Pada Murid Kelas II SD Negeri 41 Samaenre Kabupaten Sinjai. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
8 BAB I.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Materi operasi hitung campuran merupakan materi yang termasuk sulit dalam pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar kelas II dan salah satu solusi adalah dengan Pengembangan Media Kartu Berhitung Domino Matematika (DOMAT) yang merupakan salah satu upaya untuk membantu siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk : Mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan Media kartu berhitung domino matematika ( Domat ) dalam pembelajaran, Mengetahui gambaran desain Media kartu berhitung domino matematika ( Domat ) dalam pembelajaran operasi hitung campuran pada siswa kelas II SD Negeri 41 Samaenre kabupaten Sinjai, Mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Media kartu berhitung domino matematika ( Domat ) dalam pembelajaran operasi hitung campuran pada siswa kelas II SD Negeri41 Samaenre Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini yaitu Ahli Matematika 1 orang, ahli media 1 orang, guru 1 orang dan siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi produk dan angket respon guru dan siswa terhadap produk media pembelajaran dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: Hasil analisis kebutuhan diperoleh gambaran bahwa kartu berhitung sebagai media domino matematika dalam pembelajaran operasi hitung campuran sangat dibutuhkan suntuk membantu kegiatan pembelajaran yang lebih terarah dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik,Media Kartu berhitung domino matematika (domat) di desain menurut KTSP 2006 dengan urutan sebagai berikut: Pengembangan media, pemilihan format, hasil perancangan sehingga dihasilkan rancangan kartu berhitung sebagai media domino matematika, Hasil pengujian validitas oleh ahli menunjukkan bahwa kartu berhitung sebagai media domino matematika sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan kriteria praktis, dan hasil THB( tes hasil belajar) dalam hal ini pre tes dan post test menunjukkan kriteria efektif. Ini berarti media kartu berhitung domino matematika (domat) memenuhi kelayakan isi kajian, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran operasi hitung campuran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:10
Last Modified: 05 Apr 2018 07:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6900

Actions (login required)

View Item View Item