Profil Kesulitan Siswa Dalam Mehamami Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Salomekko.

Prima, Mytra (2014) Profil Kesulitan Siswa Dalam Mehamami Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Salomekko. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Prima Mytra.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Prima Mytra, 2014. Profil Kesulitan Siswa Dalam Mehamami Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Salomekko. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh, Prof. Dr. Nurdin, M. Pd dan Dr. H. Djadir, M. Pd ).Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui: 1) profil kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salomekko dalam memahami materi Teorema Pythagoras yang berkaitan dengan konsep dan prinsip, dan 2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salomekko dalam memahami materi Teorema Pythagoras. Dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes diagnostik. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian tersebut adalah siswa yang memiliki nilai paling tinggi, sedang, dan rendah. Data dikumpulkan dengan metode tes diagnostik dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salomekko dalam memahami materi Teorema Pythagoras yang berkaitan konsep dan prinsip adalah, di dalam penguasaan konsep, siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan suatu konsep dengan kata-kata sendiri, kesulitan mengidentifikasi suatu konsep, kesulitan menggunakan simbol untuk mempresentasikan konsep, dan kesulitan mengidentifikasi sifat-sifat konsep yang diberikan. Dalam penguasaan prinsip, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengenali kapan suatu prinsip diperlukan, kesulitan dalam menggunakan prinsip secara benar, dan kesulitan dalam memodifikasi suatu prinsip. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa SMP Negeri 1 Salomekko dalam memahami Teorema Pythagoras berasal dari faktor intern, yaitu minat, motivasi, bakat, dan intelegensi, dari faktor ekstern yaitu kondisi kelas, dalam hal ini suasana dan fasilitas yang belum memadai. Kata kunci: konsep, prinsip, profil kesulitan, Teorema Pythagoras

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item