Efektivitas Penggunaan Media Kartu Pantun Terhadap Kemampuan Membuat Pantun di SD Negeri 55 Parepare

KARTINI, KARTINI (2016) Efektivitas Penggunaan Media Kartu Pantun Terhadap Kemampuan Membuat Pantun di SD Negeri 55 Parepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini berutjuan untuk mengetahui gambaran kemampuan siswa dalam membuat pantun di SD Negeri 55 Parepare dengan memanfaatkan media kartu pantun yang efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganpemanfaatan desain True Eksperimental Design dan bentuk yang digunakanadalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 55 Parepare Tahun Pelajaranyang berjumlah 373 orangdan sampelnya adalahkelas IV tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 70 orang terdiri dari 35 laki-laki dan 35 perempuan. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih secara random. Teknik pengumpulan data dengan pemanfaatan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan pemanfaatan analisis deskriptif dan inferensial dengan uji t Independent dengan bantuan SPSS versi 21.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwapemanfaatan media pembelajaran kartu pantun dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Pantun sangat efektif dengan hasil sangat memuaskan. Ini terbukti padakemampuan siswa dalam membuat pantun pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum pemanfaatan media pembelajaran kartu pantun nilai siswa pada umumnya berada pada kategori rendah, namunsetelahpemanfaatan media pembelajaran kartu pantun pada kelas eksperimen kemampuan siswa dalam membuat pantun lebih meningkat dengan berada pada kategori tinggi dan pada kelas kontrol umumnya kemampuanmembuat pantun berada pada kategori rendah.Oleh karena itupemanfaatan media pembelajaran kartu pantun dalam pembelajaran pantun sangat efektifitas terhadap kemampuan siswa membuat pantun di SD Negeri 55 Parepare.Ini ditunjukkan dengan melihat kemampuan siswa dalam membuat pantun lebih meningkat dengan pemanfaatan media kartu pantun seperti yang telah digunakan oleh peneliti dibanding dengan kemampuan siswa dalam membuat pantun tanpa pemanfaatan media kartu pantun. Kata Kunci : Pantun danMedia Kartu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 07:09
Last Modified: 05 Apr 2018 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item