Pengaruh Penggunaan Metode SAS Terhadap Kemampuam Membaca Permulaan Siswa SD Negeri 38 Prepare

ENCENG, ENCENG (2016) Pengaruh Penggunaan Metode SAS Terhadap Kemampuam Membaca Permulaan Siswa SD Negeri 38 Prepare. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Enceng.docx

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenggunaan metode SAS (Sturuktur Analisis Sintetis), dan tingkat kemampuan membaca permulaan serta mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 38 Parepare. Jenis penelitian ini adalah pre eksprimen, dengan desain penelitian pretest dan posttest one group desaign. Tehnik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan test. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 38 Parepare dari populasi 215 orang siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan aplikasai SPSS 20.) for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode Sturuktur Analisis Sintesis (SAS) sebelum diberi perlakuan kecenderungan berada pada kategori rendah dan sedang tetapi setelah diberi perlakuan terjadi peningkatan dimana kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan metode SAS (Sturuktur Analisi Sintesis) berada pada kategori sedang dan tinggi. Analisi Inferensialnya menunjukkan ada pengaruh metode Sturuktur Analisis Sintesis (SAS) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa. Kata Kunci: Metode SAS, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 06:49
Last Modified: 05 Apr 2018 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6888

Actions (login required)

View Item View Item