Analisis Sarana Dan Prasarana Bengkel Untuk Pembelajaran Praktek Konstruksi Batu Dan Beton Di SMK 45 Kalosi

Basri, Basri (2017) Analisis Sarana Dan Prasarana Bengkel Untuk Pembelajaran Praktek Konstruksi Batu Dan Beton Di SMK 45 Kalosi. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. ISI (1-52).docx

Download (65kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemenuhan sarana praktek bengkel bangunan terhadap nilai hasil praktek siswa Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK 45 Kalosi meliputi perabot, peralatan praktek media pembelajaran dan perlengkapan lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMK 45 Kalosi pada 7 Desember 2016 sampai 17 Januari 2016. Subjek dalam penelitian adalah Kepala Bengkel Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton, teknisi bengkel bangunan dan siswa kelas XI TKBB tahun ajaran 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah sarana praktek bengkel batu dan beton yang ditinjau dari perabot, peralatan praktek, media pembelajaran, dan perlengkapan lain serta nilai hasil praktek siswa. Data diambil dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi dan pedoman untuk wawancara. Analisis data menggunakan kala persentase dari hasil penelitian yang selanjutnya dibandingkan dengan nilai hasil praktek siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemenuhan sarana praktek bengkel bangunan SMK 45 Kalosi mencapai nilai persentase 88, 13% sehingga dikategorikan dalam kondisi sangat layak. Sedangkan hasil analisis nilai praktek siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu dan Beton Tahun Ajaran 2015/2016 tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan perolehan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal mencapai presentase 85,42% dari keseluruhan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 06:44
Last Modified: 05 Apr 2018 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6887

Actions (login required)

View Item View Item