Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dalam Pembelajaran Matematika (Study pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Campalagian).

Nurlatifah, Nurlatifah (2014) Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dalam Pembelajaran Matematika (Study pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Campalagian). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurlatifah.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Nurlatifah, 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dalam Pembelajaran Matematika (Study pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Campalagian). Skripsi pada fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran generatif dalam pembelajaran matematika pada kelas X SMA Negeri 1 Campalagian. Unit eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Campalagian Tahun Ajaran 2013/ 2014. Unit eksperimen diambil secara langsung 1 kelas dalam hal ini dipilih kelas X.4 dari 9 kelas dengan jumlah responden sebanyak 41 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu tes hasil belajar, kuesioner respon siswa, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program pengolahan data statistik SPSS 20.0. Indikator efektivitas dalam penelitian ini ditinjau dari 3 aspek, yaitu hasil belajar matematika siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa. Hasil analisis statistika menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Campalagian dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 78,695 dengan standar deviasi 6,785 dari skor ideal 100. Aktivitas siswa kelas X.4 SMA 1 Campalagian dikategorikan aktif dengan presentase 75,46%. Sedangkan respon siswa kelas X SMA Negeri 1 Campalagian dikategorikan positif dengan presentase 83,37%. Hasil analisis inferensial terhadap skor hasil belajar matematika siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Campalagian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif berada pada kategori tinggi, dengan nilai peluang P_value = 0,000 untuk α = 0,05. Hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran generatif mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 72, dengan nilai peluang P_value = 0,000 untuk α = 0,05. Proporsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran generatif lebih kecil dari 80%, dengan nilai probabilitas = 0,392 untuk α = 0,05 Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif efektif digunakan dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Campalagian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item