Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap Penguasaan Konsep Fisika ditinjau dari Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Telkom Makassar.

MARDHELA., DHELLA (2017) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap Penguasaan Konsep Fisika ditinjau dari Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Telkom Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (25kB)

ABSTRAK Berdasarkan latar belakang penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (i) perbedaan penguasaan konsep fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Strategi PPKB dan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Telkom Makassar; (ii) perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Strategi PPKB dan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Telkom Makassar pada peserta didik untuk motivasi rendah terhadap fisika; (iii) perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara pesertadidik yang diajar dengan Strategi PPPKB dan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Telkom Makassar pada peserta didik untuk motivasi tinggi terhadap fisika; (iv) interaksi antara penggunaan Strategi PPKB dan konvensional dengan motivasi belajar peserta didik dalam pencapaian penguasaan konsep fisika peserta didik di kelas VIII SMP Telkom Makassar. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data untuk penguasaan konsep fisika peserta didik melalui tes dan untuk motivasi belajar peserta didik melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Telkom Makassar yang berjumlah 71 orang dengan jumlah sampel 32 orang kelas eksperimen dan 32 orang untuk kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa: (i) terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep fisika antara yang diajar dengan Strategi PPKB dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas VIII SMP Telkom Makassar Tahun Ajaran 2016/2017; (ii) terdapat perbedaan signifikan antara penguasaan konsep fisika antara yang diajar dengan Strategi PPKB dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi pada kelas VIII SMP Telkom makassar Tahun Ajaran 2016/2017; (iii) terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep fisika antara yang diajar dengan Strategi PPKB dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah pada kelas VIII SMP Telkom Tahun Ajaran 2016/2017; (iv) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran (Strategi PPKB dan Pembelajaran konvensional) dengan motivasi belajar fisika terhadap pencapaian penguasaan konsep fisika peserta didik kelas VIII SMP Telkom Makassar Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 05:41
Last Modified: 05 Apr 2018 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item