Upaya Pengembangan Nasionalisme Siswa Di Era Globalisasi (Studi Deskriptif Guru IPS SMP Negeri 3 Camba Maros). Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Herman, S.Pd., M.Si dan Hasni, S.Pd, M.Pd).

MUSFIKA, MUNAWIRA (2014) Upaya Pengembangan Nasionalisme Siswa Di Era Globalisasi (Studi Deskriptif Guru IPS SMP Negeri 3 Camba Maros). Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Herman, S.Pd., M.Si dan Hasni, S.Pd, M.Pd). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
MUSFIKA MUNAWIRA. 2014.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MUSFIKA MUNAWIRA. 2014. Upaya Pengembangan Nasionalisme Siswa Di Era Globalisasi (Studi Deskriptif Guru IPS SMP Negeri 3 Camba Maros). Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Herman, S.Pd., M.Si dan Hasni, S.Pd, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran pelaksanaan nasionalisme siswa di era globalisasi SMP Negeri 3 Camba Maros, (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi guru IPS dalam penanaman nasionalisme siswa di era globalisasi SMP Negeri 3 Camba Maros, (3) dan upaya apa yang dilakukan siswa dalam pengembangan nasionalisme di era globalisasi di SMP Negeri 3 Camba Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu proses pengumpulan data secara sistematis dan intensif untuk memperoleh pengetahuan dan informasi. Maka dalam penelitian ini, peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru-guru IPS, guru BK, wali kelas dan siswa-siswi SMP Negeri 3 Camba maros dengan wawancara dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) gambaran pelaksanaan nasionalisme siswa di era globalisasi yang dilakukan guru IPS di SMP Negeri 3 Camba Maros yaitu siswa menyadari tanggung jawabnya seperti belajar dengan giat dan meraih prestasi, mengikuti aturan sekolah dan memeberikan sanki atau hukuman bagi yang melanggarnya, mentaati segala perintah bapak/ibu guru di sekolah, dan meneruskan perjuangan para pahlawan, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi guru IPS dalam penanaman nasinalisme siswa di era globalisasi SMP Negeri 3 Camba Maros yaitu kurangnya pemahaman terhadap makna nasionalisme termasuk di dalamya sila-sila pancasila, dan akses internet siswa yang tidak mampu menyaring hal-hal yang seharusnya diterima dan tidak terima terhadap arus globalisasi, dan (3) upaya apa yang dilakukan siswa dalam pengembangan nasionalisme di era globalisasi di SMP Negeri 3 Camba Maros yaitu siswa belajar dengan giat dengan memaknai perjuangan para pahlawan dan memknai nilai-nilai budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia, dan menyaring arus perkembangan globalisasi dari akses internet

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item