Efektivitas pembelajaran ELPSA berbasis teori Van Hiele pada Pembelajaran Geometri Di Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar.

Hairuddin., Hairuddin. (2017) Efektivitas pembelajaran ELPSA berbasis teori Van Hiele pada Pembelajaran Geometri Di Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Jurnal Hairuddin 14B07136.docx

Download (65kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan pendekatan ELPSA berbasis teori Van Hiele pada pembelajaran Geometri materi segitiga pada kelas VII SMP Negeri 3 Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen. Objek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII1 SMP Negeri Negeri 3 Makassar. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, data hasil belajar peserta didik, data respons peserta didik terhadap pembelajaran dan data pelaksanaan pembelajaran oleh guru. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan kognitif belajar matematika, angket respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat Aktif dengan skor rata-rata 3,5, hasil belajar matematika peserta didik berada pada kategori tinggi dengan mean 81,7 dan standar deviasi 4,68, tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 89%, rata-rata gain ternormalisasi hasil belajar berada pada kategori tinggi, respons peserta didik terhadap penerapan pendekatan ELPSA berbasis Teori Van Hiele berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,5. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan diperoleh nilai sig. < 0,001 dengan nilai α = 0,05 sehingga nilai sig < α. Dengan demikian H0 ditolak, ini berarti rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diajar dengan pendekatan ELPSA berbasis teori belajar Van Hiele lebih besar dari 74,9 (KKM). Secara umum disimpulkan bahwa pendekatan ELPSA berbasis Teori Van Hiele dalam pembelajaran geometri materi segitiga pada kelas VII SMP Negeri 3 Makassar efektif diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 05:13
Last Modified: 05 Apr 2018 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6868

Actions (login required)

View Item View Item