Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar.

Salo., Eky Setiawan (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel eky setiawan salo.docx

Download (161kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajarmata pelajaran IPS siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar, pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar, serta pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa yang diperoleh dari Kelas IV, Kelas V, dan Kelas VI melalui teknik pengambilan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1.a) kecerdasan emosional siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar berada pada kategori tinggi, (1.b) kepercayaan diri siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar berada pada kategori kategori tinggi, (1.c) prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar berada pada kategori tinggi, (2) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar, (3) terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar, (4) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2

PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 05:04
Last Modified: 05 Apr 2018 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item