Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDInpres Bertingkat,Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang

MUSTARI, MUSTARI (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDInpres Bertingkat,Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Mustari.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuigambaran penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction)pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD, mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SD, dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang.Penelitian iniadalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan true eksperimentaldesign yaitu dengan pre-test dan post-testcontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVSD Inpres Bertingkat Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari kelas IVA dan IVB berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian adalah kelas IVA yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol yang diambil melalui pengacakan kelas dengan asumsi kelas homogen.Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan lembar observasi. Instrumen tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya, serta divalidasi oleh pembimbing selaku validator ahli. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi: uji normalitas, homogenitas data, dan uji hipotesis. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang dengan tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, pelaksanaan/penyajian yang berada pada kegiatan awal, inti, dan akhir, kemudian tindak lanjut/evaluasi berada pada kegiatan akhir berlangsung dengan baik. (2) Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang sebelum penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction)berada pada kategori sedang, baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran langsung(direct instruction)pada kelas eksperimen bahwa kedua kelas memiliki hasil belajar yang meningkat. Pada kelas eksperimen, kecenderungan tingkat hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol, kecendrungan tingkat hasil belajar siswa berkategori sedang. (3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction)terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang. Kata kunci: Model pembelajaran langsung(direct instruction), hasil belajar, pembelajaran IPSdi Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:09
Last Modified: 05 Apr 2018 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6863

Actions (login required)

View Item View Item