Pengaruh Pendekatan Problem Solving dengan Bantuan Tutor Sebaya TerhadapHasilBelajarMatematikaSiswaKelasX SMANegeri1Wonomulyo.

Nurhidayah, Nurhidayah (2014) Pengaruh Pendekatan Problem Solving dengan Bantuan Tutor Sebaya TerhadapHasilBelajarMatematikaSiswaKelasX SMANegeri1Wonomulyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurhidayah.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhidayah, 2014. Pengaruh Pendekatan Problem Solving dengan Bantuan Tutor Sebaya TerhadapHasilBelajarMatematikaSiswaKelasX SMANegeri1Wonomulyo. Skripsi.JurusanMatematika. FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Problem Solving dengan bantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo tahun pelajaran 2013/2014 yang dipilih 2 kelas sebagai kelas sampel penelitian, yaitu kelas X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan berupa pendekatan Problem Solving dengan bantuan tutor sebaya, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diberi perlakuan berupa pendekatan konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar matematika. Data yang dikumpulkan dengan instrumen tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan Problem Solving dengan bantuan tutor sebayaberada pada kategori tinggi dengan rata-rata 80,199 dari skor ideal 100dengan standar deviasi 9,937(2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensionalberada pada kategori sedang dengan rata-rata 73,33 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi9,325. Kemudian dengan menggunakan Independent sample t-test, hasilanalisismenunjukkan bahwa p-value yang diperoleh adalah 0,001 <α = 0.05.Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatanProblem Solving dengan bantuan tutor sebaya lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional. Kata Kunci: Pendekatan Problem Solving, Tutor Sebaya, Pendekatan Konvensional, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item