Pengaruh Pemanfaatan Media Torso Terhadap Hasil Belajar IPASiswa SDN 176 Dabbare dan SDN 91 Pacongkang Kabupaten Soppeng

Karmawati, Karmawati (2016) Pengaruh Pemanfaatan Media Torso Terhadap Hasil Belajar IPASiswa SDN 176 Dabbare dan SDN 91 Pacongkang Kabupaten Soppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Karmawati.docx

Download (26kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media torso terhadap hasil belajar sains siswa Siswa SDN 176 Dabbare dan SDN 91 Pacongkang Kabupaten Soppeng. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan yang mengambil lokasi di SDN 176 Dabbare dan SDN 91 Pacongkang Kabupaten Soppeng. Subjek penelitian ini sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa kelas V SDN 176 Dabbare, dan 16 siswa SDN 91 Pacongkang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media torso mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa pada Siswa SDN 176 Dabbare dan SDN 91 Pacongkang Kabupaten Soppeng, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar kelas eksperimen yang mendapatkan perlakukan khusus menggunakan media torso mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan khusus atau hanya dengan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media torso. Kata Kunci : Media Torso, Hasil Belajar Sains

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:57
Last Modified: 05 Apr 2018 03:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6859

Actions (login required)

View Item View Item