Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Desa Manyili Kabupaten Wajo.

SUDIRMAN, SUDIRMAN (2016) Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Desa Manyili Kabupaten Wajo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Sudirman.docx

Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran matematika realistik, mengetahui tingkat motivasi belajar matematika, dan mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran matematika realistik terhadap motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar di desa Manyili kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah quasi experimen (eksperimen semu), desainnya adalah Desain Kelompok Kontrol Prates-Pascates berpasangan (Matching Pretest-Posttest Control Group Design). Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V dari SDN 302 Manyili dan SDN 365 Ajuraja. Teknik pengumpulan data melalui observasi untuk menilai kegiatan atau pengamatan terhadap perlakuan yang dilakukan guru di kelas eksperimen, angket untuk memperoleh informasi mengenai tingkat motivasi siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya analisis deskriftif dan analisis inferensial yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji T Test. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran matematika realistikterlaksana dengan baik berdasarkan sintaks pembelajaran matematika realistik mulai tahap pendahuluan, inti, dan penutup. Tingkat motivasi belajar matematika siswa meningkat setelah diterapkanpembelajaran matematika realistik.Motivasi belajar matematika siswa sebelum diterapkan pembelajaran matematika realistik pada kategori cukup,adapun setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik motivasi belajar matematika siswa meningkat dengan kategori sangat tinggi. Peningkatan motivasi belajar matematika dari sebelum dan setelah perlakuan matematika realistik berindikasi bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika realistik berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika di sekolah dasar desa Manyili kabupaten wajo. Kata kunci : Matematika Realistik, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:48
Last Modified: 05 Apr 2018 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6855

Actions (login required)

View Item View Item