Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Cerpen Berbasis Karakter

A. ARIF, TARMAN (2016) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Cerpen Berbasis Karakter. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Revisi.docx

Download (84kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis cerpen berbasis karakter di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Deplopment & Research) dengan model pengembangan Plomp 1997. Hasil penelitian pengembangan ini ditemukan karakteristik bahan ajar yang dibutuhkan guru dan siswa dalam menulis cerpen yang valid, praktis, efektif, dan memiliki tingkat keterbacaan yang termasuk kategori baik, dan kevalidan rata-rata 3.83 dan bahasa yang digunakan dalam bahan ajar nilai rata-ratanya 3.5 (baik). Pada validasi perangkat pembelajaran dari ketiga validator diperoleh nilai rata-rata kevalidan 4.25 (valid), nilai rata-rata kevalidan LKS 4.00 (valid), kevalidan bahan ajar dari ketiga validator nilai rata-ratanya 4.50 (sangat valid). Sedangkan pada instrumen kepraktisan dari lembar penilaian kelayakan bahan ajar MKCBK dari ketiga validator diperoleh R= 0.81 (tinggi), instrumen keefektifan dari 5 butir soal dengan bentuk uraian setelah diujicobakan terhadap 39 siswa diperoleh R= 0.73 (tinggi) dan semua soal memiliki sensitifitas yang baik (lebih atau sama dengan 0.30) cukup tinggi. Demikian pula pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 3 aspek diperoleh nilai dari 3 validator yaitu R= 0.80 (termasuk kategori tinggi) Kemampuan guru menggunakan bahan ajar di kelas yaitu R = 0.76 (tinggi) Kuesioner respons siswa, dari data analisis hasil uji coba menunjukkan bahwa instrument tersebut layak untuk digunakan dengan koefisien reliabilitas yang tinggi yaitu R= 0.79. Nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran dari beberapa kategori pengamatan antara lain; kategori BL (belum kelihatan), Kategori ML (mulai kelihatan), kategori MK (mulai berkembang) dan kategori MB ( membudaya). Nilai-nilai karakter tersebut meliputi religius, kreatif, tanggung jawab, jujur, komunikatif, toleransi, menghargai keragaman, percaya diri, kesantunan, ingin tahu, dan disiplin. Dengan demikian disimpulkan bahwa kriteria bahan ajar yang dibutuhkan siswa adalah bahan ajar yang bermuatan nilai karakter dan tidak memberikan batasan nilai karakter dari 18 nilai karakter tersebut. Disarankan kepada peneliti selanjutnya jika melakukan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar menulis cerpen, agar mempertimbangkan nilai-nilai karakter dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih tema sesuai dengan yang dikehendaki dalam area nilai karakter dari 18 nilai karakter. Kata Kunci; Bahan ajar, menulis kreatif cerpen, pendidikan karakter Makassar, 25 Oktober 2016

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:34
Last Modified: 05 Apr 2018 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6850

Actions (login required)

View Item View Item