Pengaruh Strategi Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr Maharuddin Pangewa, M.Si ( Pembimbing 1 ) dan Hasni S.Pd .M.Pd ( Pembimbing II).

Muliati, galih (2013) Pengaruh Strategi Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr Maharuddin Pangewa, M.Si ( Pembimbing 1 ) dan Hasni S.Pd .M.Pd ( Pembimbing II). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
MUliati GAlih, 2013..docx

Download (13kB)

ABSTRAK Muliati galih, 2013. Pengaruh Strategi Mengajar Guru Mata Pelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr Maharuddin Pangewa, M.Si ( Pembimbing 1 ) dan Hasni S.Pd .M.Pd ( Pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh Strategi mengajar guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang, tingkat pengaruh Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif antara Strategi mengajar guru mata pelajaran IPS terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2012-2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang belajar mata pelejaran IPS berjumlah 270 yang tersebar diseluruh tingkatan kelas dan mulai dari tingkatan kelas VII, VIII, dan IX. Sampel penelitian ini di ambil dari siswa sebanyak 80 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan mean dan standar deviasi dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan regresi sederhana untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi mengajar guru mata pelajaran IPS SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang berada dalam kategori “Sering” ditinjau dari aspek strategi mengajar guru dengan berbagai macam strategi pembelajaran. Sedangkan motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor intrinsik dan ektrinsik di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang berada pada kategori “ Sangat tinggi ”. Terdapat hubungan pengaruh signifikan dan positif pada strategi pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Alla Kabupaten Enrekang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item