Profil Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Makassar

Amir, Nova Lestari (2017) Profil Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai profil pemahaman konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan ditinjau dari tingkat kemampuan matematika siswa, untuk memenuhi tujuan tersebut dilakukan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari dua orang. Kedua subjek penelitian tersebut dipilih berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makassar. Satu subjek mewakili kategori tingkat kemampuan matematika tinggi (KMT) dan satu subjek mewakili kategori tingkat kemampuan matematika rendah (KMR). Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang didukung oleh instrumen tambahan yaitu tes kemampuan matematika, tes pemahaman konseptual dan prosedural pecahan, dan pedoman wawancara. Pengajuan masalah yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah tugas yang diberikan kepada siswa untuk diselesaikan berdasarkan pemahaman yang dimiliki. Hasil dari penelitian ini menunjukkan subjek KMT memenuhi kedua indikator pengetahuan, yaitu pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural. Untuk subjek KMR tidak memenuhi kedua indikator pengetahuan, baik pengetahuan konseptual maupun pengetahuan prosedural.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:33
Last Modified: 05 Apr 2018 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6849

Actions (login required)

View Item View Item