Pengaruh Persepsi Guru tentang Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Bone

HASNANI AR, HASNANI AR (2016) Pengaruh Persepsi Guru tentang Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Bone. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
5. ARTIKEL.docx

Download (352kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui pesepsi guru tentang supervisi akademik pengawas sekolah di Kabupaten Bone, (ii) untuk mengetahui motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone, (iii) untuk mengetahui kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone, (iv) untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang supervisi akademik pengawas sekolah dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone, (v) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone (vi) untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama persepsi guru tentang superviai akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi penelitian adalah semua guru yang mengajar di SMA Negeri di Kabupaten Bone, baik PNS maupun Non PNS yang telah disupervisi oleh pengawas sekolah pada tahun pelajaran 2014/2015. Ukuran sampel yang terambil adalah 290 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified proportional random sampling dan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Kesimpulan penelitian adalah hasil analisis deskriptif variabel persepsi guru tentang supervisi akademik pengawas sekolah berada pada kategori baik, motivasi kerja berada pada kategori tinggi, dan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone berada pada kategori baik. Hasil analisis infrensial menunjukkan: (i) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi guru tentang supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone, dengan model regresi linier Ỹ= 88,340 + 0,338X (ii), terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Bone dengan model regresi Ỹ= 77,813 + 0,452X, dan (iii) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi guru tentang supervisi akademik pengawas sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja gru di SMA Negeri di Kabupaten Bone dengan model regresi Ỹ= 66,729 + 0,239 X1 + 0,307X2.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:32
Last Modified: 05 Apr 2018 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6848

Actions (login required)

View Item View Item