Efektivitas Model Pembelajaran Discovery dengan Setting Kooperatif Ditinjau dari Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar

MAGFIRAH, IRMA (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery dengan Setting Kooperatif Ditinjau dari Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (46kB)

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankeefektifanModel Pembelajaran Discovery dengan Setting Kooperatif Ditinjau Dari Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhpeserta didikkelasVIIMTs Al-Fakhriyah Makassardansampelyaknikelas VII-Asebagaikelaseksperimen yang dipilihmenggunakanteknikcluster random sampling. Data yang dikumpulkandenganmenggunakaninstrumenlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran, lembarobservasiaktivitaspesertadidik, teshasilbelajaruntukmengukurkemampuananalogi dan generalisasi matematis siswa, angket minat peserta didik, danangketresponspesertadidik.Data dianalisismenggunakananalisisdeskriptifdananalisisinferensial. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitaspeserta didikdalampembelajaranberadapadakategoriaktifdengan skor rata-rata 3,43, hasilbelajarkemampuan analogi matematis siswaberadapadakategoritinggidenganmean 80,71danstandardeviasi7,37, hasil belajar kemampuan generalisasi matematis siswa berada pada kategori tinggi dengan mean 81,32 dan standar deviasi 8,71,tingkatketuntasansecaraklasikalsebesar89,3%, rata-rata gain ternormalisasihasilbelajarkemampuan analogi dan generalisasi matematis siswa beradapadakategoritinggi, hasilminat belajarpesertadidikberadapadakategoritinggidenganskor rata-rata 3,50, respons peserta didik terhadap penerapan modelpembelajaran discovery dengan setting kooperatif berada pada kategori positif dengan skor rata-rata 3,77. Secaraumumdisimpulkanbahwamodelpembelajaran Discovery dengan Setting Kooperatif Ditinjau Dari Kemampuan Analogi dan Generalisasi Matematis Siswa efektifditerapkandalampembelajaranmatematikapada peserta didik kelas VII MTs Al-Fakhriyah Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:27
Last Modified: 05 Apr 2018 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6847

Actions (login required)

View Item View Item