Keefektifan Media Animasi Audiovisual dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Anak-anak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba.

AKBAR., FADLY (2017) Keefektifan Media Animasi Audiovisual dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Anak-anak Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Fadly Akbar.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media animasi audiovisual dalam pembelajaran menyimak cerita anak-anak siswa SMP Negeri 2 Bulukumba. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah populasi 239 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling atau acak berkelompok. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Teknik analisis statistik yang digunakan yaitu Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 20 for windows pada taraf signifikan yaitu 95% atau 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam menyimak cerita anak-anak dengan menerapkan media animasi audiovisual menunjukkan hasil yang sangat memadai. Siswa yang mampu memperoleh dan berada di atas KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 96,4% atau sebanyak 27 orang siswa dan yang berada di bawah nilai KKM 75 sebesar 3,6% atau sebanyak 1 orang siswa. Kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam menyimak cerita anak-anak dengan menerapkan metode konvensional menunjukkan hasil yang kurang dibandingkan kelas eksperimen. Siswa yang berhasil mencapai nilai di atas KKM 75 sebesar 85,7% atau sebanyak 24 orang siswa dan yang berada di bawah KKM 75 sebesar 14,3% atau sebanyak 4 orang siswa. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan media animasi audiovisual efektif diterapkan dalam pembelajaran menyimak cerita anak-anak. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji hipotesis menggunakan analisis statistik inferensial jenis uji–t independent samples test diperoleh nilai thitung sebesar -2,571 dan ttabel sebesar 2,005 karena nilai thitung > ttabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media animasi audiovisual efektif diterapkan dalam pembelajaran menyimak cerita anak-anak siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:04
Last Modified: 05 Apr 2018 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item View Item