Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Fisika yang Interaktif untuk Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Barru

RAUDAH, RAUDAH (2016) Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Fisika yang Interaktif untuk Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Barru. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Raudah.doc

Download (227kB)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) media presentasi pembelajaran fisika interaktif yang valid, (2) tanggapan praktisi terhadap media presentasi pembelajaran fisika interaktif yang dikembangkan, (3) respon peserta didik terhadap media presentasi pembelajaran fisika interaktif, (4) efektivitas pencapaian hasil belajar menggunakan media presentasi pembelajaran fisika yang interaktif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Barru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four-D Model) yang diadaptasi dari model 4-D yang dikembangkan oleh S.Thiagarajan, terdiri dari empat tahap meliputi: (1) pendefenisian (define), (2) perencanaan (design), (3) pengembangan (develop), (4) penyebaran (disseminate). Media presentasi interaktif yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang ahli dengan mendapatkan hasil sedikit revisi sehingga layak untuk digunakan. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 2 Barru. Hasil penelitian menunjukkan media presentasi interaktif valid dan layak digunakan. Media presentasi interaktif ini dinilai baik oleh praktisi/guru serta dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep suhu dan kalor. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Media presentasi interaktif ini valid, (2) kesepahaman tanggapan praktisi/guru terhadap media presentasi interaktif yang dikembangkan menyatakan layak digunakan, (3) Respon peserta didik terhadap media presentasi ini sangat positif, (4) berdasarkan tes hasil belajar peserta didik sehingga diperoleh bahwa penggunaan media presentasi pembelajaran fisika yang interaktif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Barru tahun ajaran 2015/2016 sudah efektif dengan pencapaian ketuntasan belajar 87,5% dari seluruh peserta didik dengan skor rata-rata 85,33. Kata kunci: Pengembangan, Media Presentasi Interaktif, Valid, Tanggapan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:01
Last Modified: 05 Apr 2018 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item View Item