Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan setting Kooperatif pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue Kabupaten Bone.

Nurhani, Nurhani (2011) Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan setting Kooperatif pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurhani.docx

Download (23kB)

ABSTRAK Nurhani, 2011. Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri dengan setting Kooperatif pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue Kabupaten Bone. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar matematika melalui strategi pembelajaran inkuiri dengan setting kooperatif pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue Kabupaten Bone semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa (9 laki-laki dan 9 perempuan). Siklus I dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, dan lembar observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh melalui analisis deskriptif kuantitatif sebagai berikut: (1) hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue pada siklus I berada pada kategori tuntas dengan nilai rata-rata 66,50 dari jumlah siswa 18 orang dengan nilai tertinggi 94,00 dan nilai terendah 48,00 dengan standar deviasi 15,43, namun ketuntasan klasikal belum tercapai yaitu 44,44% (≥85%) (2) hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue pada siklus II berada pada kategori tuntas dengan nilai rata-rata 78,11 dari jumlah siswa 18 orang dengan nilai tertinggi 100,00 dan nilai terendah 54,00 dengan standar deviasi 12,85 dan ketuntasan klasikal telah mencapai 88,89% (3) adanya peningkatan hasil belajar, yakni meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue dari siklus I ke siklus II. Data hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengerjakan masalah yang diberikan, peningkatan dalam kekompakan berdiskusi memecahkan masalah, dan peningkatan keberanian siswa dalam menyajikan hasil diskusi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri dengan setting kooperatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sibulue. Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Setting Kooperatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:42
Last Modified: 29 Apr 2016 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item