Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di kelas XI SMA.

Bungawati, Bungawati (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan di kelas XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
(11) JURNAL Bungawati.docx

Download (71kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan kita saat ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, karena kurangnya peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran. bagi kita yang aktif dalam pembelajaran di kelas, banyak sekali pertanyaan yang hingga saat ini belum terjawab, diantaranya apa cara terbaik untuk menyampaikan dan membelajarkan konsep di kelas sehingga semua peserta didik dapat mengingat informasi dan menggunakannya. Suatu inovasi pembelajaran yang menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran biologi dengan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Pelaksanaan proses pembelajaran harus didukung oleh perangkat yang sesuai. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan produk pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi sistem pencernaan makanan di kelas XI SMA. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu: (a) Tahap pendefenisian (define), (b) tahap perancangan (design), (c) tahap pengembangan (develop), dan (d) tahap penyebaran (disseminate). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik non tes dan teknik tes.Teknik non tes meliputi (a) pengamatan dan penilaian langsung terhadap rancangan perangkat pembelajaran; (b) pengamatan langsung terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran, pengamatan aktivitas peserta didik; (c) Pemberian questioner kepada responden (peserta didik dan guru); (d) Dokumentasi sumber-sumber belajar. Teknik tes yaitu memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur penguasaan materi sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (ruminansia). Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu: (a) Tahap pendefenisian (define), (b) tahap perancangan (design), (c) tahap pengembangan (develop), dan (d) tahap penyebaran (disseminate). (2) Perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan pembelajaran kontekstual valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:49
Last Modified: 05 Apr 2018 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6836

Actions (login required)

View Item View Item