. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Nilai Moral Melalui Media Video Kartun Pada Kelompok B.

FUADI, M. NUR (2016) . Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Nilai Moral Melalui Media Video Kartun Pada Kelompok B. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan perangkat pembelajaran untuk pengembangan moral merupakan upaya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana tingkat kebutuhan metode perangkat pembelajaran pendidikan nilai-nilai moral melalui media video kartun pada TK Ceria Makassar Kelompok B, 2) bagaimanakah gambaran desain perangkat pembelajaran pengembangan moral anak melalui media pembelajaran video kartun Kelompok B yang praktis dan efektif ? 3)bagaimanakah gambaran perangkat pembelajaran pengembangan moral yang valid, praktis dan menarik Taman Kanak-Kanak kelompok B melalui video kartun. Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui tingkat kebutuhan metode perangkat pembelajaran pendidikan nilai-nilai moral melalui media video kartun pada TK Ceria Makassar Kelompok B, 2) untuk memperoleh gambaran desain pengembangan moral anak melalui media pembelajaran video kartun Kelompok B yang praktis dan efektif, 3) untuk mengetahui gambaran gambaran perangkat pembelajaran pengembangan moral yang valid, praktis dan menarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pengembangan (Research and Development). Proses pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan perangkat pembelajaran ADDIE. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini berupa Rencana Proogram Pembelajaran Harian (RPPH), Buku Panduan Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Anak (LKA), dan Lembar Observasi Penilaian Anak Didik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini didesain dalam bentuk Rencana Proogram Pembelajaran Harian (RPPH), Buku Panduan Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Anak (LKA), dan Lembar Observasi Penilaian Anak Didik yang disusun berdasarkan media pembelajaran video kartun pada TK Ceria Makassar Kelompok B, (2) Perangkat pembelajaran video kartu yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan menarik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:46
Last Modified: 05 Apr 2018 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item