Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Pondok Madinah Makassar

RUSLAN., REZKY RAHMA (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bangun Datar Pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Pondok Madinah Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (41kB)

ABSTRAK Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran, karena itu beberapa tahun terakhir ini diharapkan kepada para guru untuk menerapkannya. Model ini memiliki beberapa tipe dengan keuntungan masing-masing. Meskipun demikian, umumnya guru kurang memahami keefektifan tipe-tipe dari model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe dari model pembelajaran kooperatif yaitu picture and picture serta memadukan dengan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran bangun datar siswa kelas VII SMP Pesantren Pondok Madinah Makassar Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua tahun ajaran 2015/2016 di Kelas VII SMP Pesantren Pondok Madinah Makassar, Sulawesi Selatan dengan memilih secara acak 4 dari sekolah yang memiliki satu kelas pada siswa kelas VII dan menggunakan kurikulum yang sama. Selanjutnya, keefektifan pembelajaran yang terdiri atas empat aspek, yakni repons siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan hasil belajar siswa diperoleh dari sekolah tersebut dengan diajarkan materi bangun datar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dengan Pendekatan Kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan secara deskriptif sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dengan Pendekatan Kontekstual, yaitu skor rata-rata posttest siswa 72,75 berada dalam kategori sedang, gain hasil belajar siswa 0,71 berada dalam kategori tinggi dan ketuntasan klasikal siswa 95% berada dalam kategori tuntas dan secara inferensial, hasil belajar siswa lebih dari KKM yaitu 64,9, gain hasil belajar siswa lebih dari 0,29 (2) Secara deskriptif, skor aktivitas siswa 3,20 berada pada kategori baik. (3) Secara deksriptif, skor respon siswa 2,75 berada dalam kategori cenderung positif, dan (4) Secara desktiptif, keterlaksanaan pembelajaran 3,72 berada dalam kategori terlaksana sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:37
Last Modified: 05 Apr 2018 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6832

Actions (login required)

View Item View Item