Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kuantum Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng Dikabupaten Soppeng.

YUSRIANI, YUSRIANI (2018) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kuantum Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng Dikabupaten Soppeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKELkuu.docx

Download (40kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kuantum pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng di Kabupaten Soppeng; (2) untuk mengetahui bagaimanakah motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran kuantum kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng di Kabupaten Soppeng; (3) untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penerapan pembelajaran kuantum terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng di Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk True Experiment Design dengan desain pretest postest control group designe. Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi belajar siswa dan observasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng di Kabupaten Soppeng semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 52 orang siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 20 siswa kelas V A dan 20 siswa kelas V B. Penentuan kelompok eksprimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik matching group. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kuantum pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng, sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan sesuai dengan konsep TANDUR yang terdiri dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi dan rayakan pada umumnya terlaksana dengan baik; (2) Motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng menggunakan model pembelajaran kuantum termotivasi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kuantum; (3) Penerapan model pembelajaran kuantum berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 188 Solo Lompengeng.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:20
Last Modified: 05 Apr 2018 02:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item