Implementasi Kebijakan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.

QADAR J., JAMAL (2015) Implementasi Kebijakan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan keterlaksanaan mekanisme dan prosedur penetapan jabatan fungsional guru, kompetensi, responsivitas dan responsibilitas para petugas implementasi kebijakan, menilai responsifitas, antusiasme, dan motivasi kerja guru, faktor-faktor determinan dalam proses penetapan jabatan fungsional guru, dan mendeskripsikan wujud implementasi kebijakan jabatan fungsional guru pada Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologi. Pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dan informan penelitian meliputi; Kadis Pendidikan, Kepala BKDD, Subag kepegawaian, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan, Kepala Sekolah, Pengawas sekolah serta guru SD, SMP dan SMA. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mekanisme dan prosedur implementasi jabatan fungsional guru, secara teknis pelaksanaannya menggunakan tahapan-tahapan ini cukup prosedural dan selektif, dan untuk memberi kepastian jabatan fungsional guru, namun di temukan adanya multitafsir dalam memahami aturan teknis pelaksanaannya. (2) Kompetensi, responsifitas dan responsibilitas para petugas, dimana pelaksananya telah berjalan dengan baik atas kebijakan penetapan angka kredit jabatan fungsional guru dan masih diperlukan adanya ketersediaan sumber daya yang handal, baik dari sisi komptensi manusia, finansial dan sarana prasarana pendukung. (3) Responsifitas, antusiasme dan motivasi kerja guru, dengan adanya perubahan aturan jabatan fungsional guru ini, sangat berdapak positif bagi guru dimana proses perolehan nilai angka kreditnya didapatkan sesuai apa yang telah dilakukan dan hal tersebut dibuktikan melalui proses penilaian di dalam kelas, pemenuhan poin penilaian guru mengalami kesulitan termasuk masalah publikasi ilmiah sehingga guru kurang antusiasme dan termotivasi untuk naik pangkat/golongan. (4) Faktor determinan dalam proses penetapan jabatan fungsional guru dilihat dari faktor konten dan konteks kebijakan sangat menentukan dan terlaksana dengan baik, para aktor pelaksana dan sasaran kebijakan mampu memanfaatkan segala sumber-sumber pendukung implementasi kebijakan dengan baik. (5) Wujud implementasi kebijakan dalam penilaian kinerja guru dilakukan sudah sesuai dengan tugas pembelajaran, pembimbingan dan tugas tambahan yang relevan, serta mekanisme pengusulan daftar usul penetapan angka kredit telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 01:15
Last Modified: 05 Apr 2018 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6810

Actions (login required)

View Item View Item