Profil Pemecahan Masalah Siswa Yang Memiliki Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Tinggi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Makassar

GUNAWAN, GUNAWAN (2017) Profil Pemecahan Masalah Siswa Yang Memiliki Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Tinggi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (992kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap profil pemecahan masalah siswa yang memiliki pemahaman konsep dan penalaran matematis tinggi di kelas VIII SMPN 1 Makassar. Subjek yang digunakan terdiri dari 1 orang subjek yang berkategori memiliki pemahaman konsep dan penalaran matematis tinggi setelah diberi tes pemahaman konsep dan penalaran matematematis pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung adalah tes pemahaman konsep, tes penalaran matematis, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Untuk menjaring subjek penelitian digunakan tes pemahaman konsep dan penalaran matematis. Dari tes ini kemudian dipilih satu orang subjek utama dengan kategori tinggi yaitu memperoleh skor lebih dari 80. Dari subjek utama yang terpilih kemudian diberikan tes pemecahan masalah untuk mengetahui proses pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Teknik pengumpulan data digunakan tes pemecahan masalah dan wawancara mendalam dengan subjek tinggi (STN). Untuk memverifikasi data yang diperoleh pada subjek utama kemudian dilakukan triangulasi pada sumber lain yang memiliki karakteristik sama yaitu berkategori tingggi berdasarkan hasil tes pemahaman konsep dan penalaran matematis dengan maksud untuk mendapatkan data yang lebih bervariasi dalam pemecahan masalah. Dari hasil tes pemecahan masalah dan wawancara tersebut kemudian dianalisis, diabstraksi dan direduksi sehingga diperoleh data valid yang akan digunakan untuk menarik kesimpulan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ; a) Memahami Masalah ; Pada tahapan ini subjek memahami masalah dengan cara : (1) Mengidentifikasi hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dengan menggunakan simbol dan model matematis yang pernah dipelajarinya dan berhubungan dengan soal; (2) Membuat model matematika dengan menginterpretasikan kalimat dalam soal untuk memilih operasi hitung yang tepat untuk memudahkannya dalam menyelesaikan soal; (3) Mengolah informasi dalam soal untuk menemukan variabel terkait yang diperlukan untuk pemecahan masalah dalam soal yang diberikan; b) Merencanakan penyelesaian; Pada tahapan ini subjek tinggi (STN); (1) membayangkan cara penyelesaian soal dengan menggunakan cara gabungan eliminasi- substitusi dan membayangkan penggunaan operasi hitung yang tepat dalam penyelesaiaan soal; (2) Subjek tinggi (STN) membayangkan cara penyelesaian soal dengan menggunakan cara lain. c) Melaksanakan Rencana; Pada tahapan ini subjek tinggi (STN); (1) Merealisasikan rencana penyelesaian yang telah dibuat dan disusun pada tahapan sebelumnya untuk menyelesaikan soal yang diberikan yaitu menggunakan cara gabungan eliminasi dan substitusi dalam penyelesaian masalah; (2) Pada tahap ini subjek tinggi memilih dan menggunakan operasi hitung yang tepat sehingga memudahkannya dalam pemecahan masalah dalam soal yang diberikan; (3) Menarik kesimpulan dengan benar atas jawaban yang diperoleh dengan menggunakan bahasa sehari-hari dan meyakini jawaban yang diperoleh sebagai jawaban yang benar. c) Melihat Kembali. Pada tahapan ini subjek tinggi (STN); (1) Melihat kembali cara penyelesaian soal mulai dari tahapan awal sampai dengan menemukan jawaban akhir dari penyelesaian soal yang diberikan dengan cara pembuktian langsung dengan menggunakan model matematika yang diperoleh pada tahap sebelumnya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 01:08
Last Modified: 05 Apr 2018 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6809

Actions (login required)

View Item View Item