Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada siswa kelas X SMA

PALAYUKAN., HERSIYATI (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada siswa kelas X SMA. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL HERSIYATI PALAYUKAN.docx

Download (68kB)

ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) untuk siswa kelas X SMA yang valid, praktis dan efektif?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengahasilkan suatu produk perangkat pembelajaran matematika yang layak (valid, praktis, dan efektif) berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intelligence) untuk Siswa Kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk pada materi dimensi tiga. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah RPP, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Lembar Penilaian untuk materi dimensi tiga Kompetensi Dasar menentukan kedudukan titik, garis dan bidang dalam ruang. Pada saat mengembangkan perangkat pembelajaran dikembangkan pula instrumen yang terkait dengan perangkat pembelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap-tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran, namun penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil penilaian seluruhnya berada pada kategori valid. Pada penelitian ini uji coba dilakukan pada kelas X5 SMA Negeri 1 Makale. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, yaitu: (1) perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk praktis, karena telah memenuhi indikator kepraktisan yaitu keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat tinggi (2) perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk efektif karena telah memenuhi seluruh indikator keefektifan, yaitu: ketuntasan klasikal tes hasil belajar (kognitif) telah tercapai yaitu ≥ 75, penilaian afektif siswa berada pada kategori tinggi, pembelajaran telah mengaktifkan siswa, dan respons siswa berada pada kategori positif. Dengan mengikuti tahap pengembangan di atas, diperoleh perangkat pembelajaran matematika berbasis kecerdasan majemuk yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 01:06
Last Modified: 05 Apr 2018 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6808

Actions (login required)

View Item View Item