Pengaruh Penerapan Teknik Memotivasi dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar.

INDARTI, DYAH RETNO (2017) Pengaruh Penerapan Teknik Memotivasi dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. BAB I - BAB V.docx

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk (i) mengetahui gambaran penerapan teknik memotivasi dalam pembelajaran siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar, (ii) mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar sebelum dan sesudah penerapan teknik memotivasi dalam pembelajaran, (iii) mengetahui pengaruh penerapan teknik memotivasi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 61 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 siswa, 25 siswa kelas IVA dan 25 siswa kelas IVB. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok control dilakukan dengan teknik maching group. Instrumen penelitian ini ialah rancangan pembelajaran dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) Penerapan teknik memotivasi dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV mengalami peningkatan, di mana hasil observasi aktivitas siswa dan guru berada pada kategori sangat baik; (ii) Hasil belajar IPS siswa kelas IV setelah penerapan teknik memotivasi dalam pembelajaran mengalami peningkatan hasil belajar, di mana hasil belajar berada pada kategori sangat tinggi; (iii) Terdapat pengaruh penerapan teknik memotivasi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 00:32
Last Modified: 05 Apr 2018 00:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item