Pengembangan Modul Pengajaran Menulis Berbasis Facebook

SAKKIR, GEMINASTITI (2018) Pengembangan Modul Pengajaran Menulis Berbasis Facebook. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
19. Jurnal Hj. Geminastiti Sakkir IJEL CCSNET.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam pengajaran menulis, dosen harus memfasilitasi instruksi pengajaran mereka dengan materi- materi dan media yang baik yang dapat memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka. Meskipun, terkadang dosen menghadapi kesulitan- kesulitan untuk menemukan materi yang sesuai yang berhubungan dengan kegiatan- kegiatan yang akan mereka lakukan di kelas. Facebook dapat menjadi sebuah media yang baik untuk mengatasi kesulitan dalam kelas menulis ini karena kita dapat menggunakannya di manapun dan kapanpun. Facebook sebagai salah satu media yang dapat mahasiswa gunakan untuk mengakses materi dan tugas dengan mudah. Penelitian ini mencoba untuk mengatasi kesulitan- kesulitan tersebut dengan fokus pada pengembangan modul pembelajaran menulis berbasis Facebook dengan lima pertanyaan penelitian, yaitu: (1) Apa kebutuhan mahasiswa dalam belajar menulis melalui Facebook?; (2) Apa materi yang tepat untuk pengajaran menulis untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa berbasis Facebook?; (3) Bagaimana mengembangkan materi untuk pengajaran menulis melalui Facebook?; (4) Apa persepsi mahasiswa dan dosen terahadap penggunaan Facebook dalam pengembangan modul pengajaran menulis?; dan (5) Apakah materi menulis berbasis Facebook meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa? Dalam menemukan tujuan tersebut, peneliti menerapkan desain Penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan memadukan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris kampus STKIP Muhammadiyah Rappang. Subjek Penelitiannya yaitu dosen dan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Tahun akademik 2015-2016. Subjek ahli juga dilibatkan untuk memvalidasi produk. Data diperoleh melalui wawancara, kajian literatur dan hasil dari angket yang dibagikan. Desain model instruksi yang digunakan untuk mengembangkan materi instruksional menulis berbasis Facebook ini mengadaptasi model ADDIE. Penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu, menganalisis, merancang, mengembangkan, menggunakan dan mengevaluasi. Data yang diperoleh dari tahap- tahap ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis, peneliti menemukan bahwa (1) kebutuhan mahasiswa akan materi yang didesain untuk pengajaran menulis harus mempunyai karakteristik sebagai berikut: (a) materinya interaktif, dapat dikerjakan sendiri, mudah digunakan, didukung jaringan, sosial media, autentik, ramah lingkungan, lingkungan resmi dan tidak resmi, evaluasi dalam jaringan, (b) materinya harus tampak secara visual, (c) materinya harus mendukung dan memfasilitasi aktivitas akademik dan non-akademik mahasiswa, (d) topik materinya harus menarik dan memuat budaya mahasiswa, (e) materinya terdiri dari kosakata, teks bacaan, tata bahasa dan kemampuan dasar dalam proses menulis, (f) materinya harus diterapkan di tingkatan dasar (menulis 1), (g) materinya bisa diterapkan di dalam dan di luar kelas, (h) materinya berkonteks internasional/ global; (2) Model materi pengajaran menulis berbasis Facebook untuk pengembangan kemampuan menulis didesain berdasarkan analisis kebutuhan, kurikulum, dan kondisi. Materi ini terdiri dari lima aktivitas pembelajaran yaitu: membaca, kosakata, tata bahasa, kemampuan menulis dan tugas menulis. Bentuk awal dari model ini dilakukan dan dikembangkan menggunakan kelompok Facebook; (3) Materi pengajaran berbasis Facebook yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dan diskusi dosen untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Materi ini memenuhi kriteria penerimaan pakar/ ahli karena hasil validasi ahli dengan tingkat validasi tinggi sesuai dengan hasil angket yang diberikan; (4) Materi pengajaran berbasis Facebook ini juga memenuhi kriteria penerimaan bagi mahasiswa dan dosen. Ini dibuktikan dengan hasil persepsi mahasiswa dan dosen. Nilai angket berada pada kataegori baik atau persepsi positif berdasarkan skala Likert; (5) Materi pengajaran menulis berbasis Facebook adalah media yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa Bahasa Inggris semester dua di STKIP Muhammadiyah Rappang. Ini terlihat pada perubahan yang baik dari nilai rata-rata tes awal (65.3) menjadi (78.05) pada nilai rata-rata tes akhir yang mengindikasi bahwa materi pengajaran menulis berbasis Facebook membantu untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Ini juga dibuktikan dengan nilai test-t yaitu 6.04 lebih tinggi dari nilai tabel-t (2.093).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2018 00:10
Last Modified: 05 Apr 2018 00:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item