Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa

Melinda, Listiyaningsih (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sungguminasa pada semester genap 2016/2017 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai kelas sampel penelitian. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif, yaitu: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 79,68 dengan standar deviasi 16,53 dari skor ideal 100 dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung setting kooperatif berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 80,33 dengan standar deviasi 13,56 dari skor ideal 100. (2) motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 89,94 dengan persentase 70,20% dan motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung setting kooperatif juga berada dalam kategori sedang dengan rata-rata 63,26 dengan persentase 65,6%. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran langsung setting kooperatif (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran langsung setting kooperatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan model CRH terhadap hasil belajar maupun motivasi belajar matematika siswa pada kelas VIII SMPN 2 Sungguminasa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 06:42
Last Modified: 04 Apr 2018 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item View Item