“Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sinjai”.

Maidah, Maidah (2016) “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sinjai”. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
5. BAB I.docx

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian iniadalah (1) bagaimana gambaran media sebagai kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis computer pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Sinjai, (2) bagaimana gambaran desain media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Sinjai, (3) bagaimana gambaran tingkat validitas dan kepratisan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 1 Sinjai.Mediapengembangan ini mengacu pada media pengembangan ADDIE.Subjek penelitian ini terdiri dari tim ahli 2 orang, 1 orang guru dan 16 orang murid kelas VI SD Negeri 1 Sinjai. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) gambaran kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer adalah mengacu pada materi pembelajaran IPS kelas VI SD tentang kenampakan alam negara-negara tetangga. (2)proses pengembangan media pembelajaran berbasis komputer meliputi mendesain awal perencanaan media pembelajaran, desain awal implementasi media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran IPS, (3) hasil validasi produk program pembelajaran berbasis komputer pada pembelajaran IPS berada pada kategori “valid”. Hasil tanggapan guru dan siswa berada pada kategori “praktis”. Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputerpada mata pelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri 1 Sinjai berada pada ketegori valid dan praktis untuk dikembangkan.Media pembelajaran dikatakan valid karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori valid.Media pembelajaran berbasis komputerdikatakan praktis, hal ini dapat dilihat dari respon siswa baik terhadap program pembelajaran yang dikembangkan. Media pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2018 06:37
Last Modified: 04 Apr 2018 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6788

Actions (login required)

View Item View Item